All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid punya posisi istimewa di Carvaganza Editors’ Choice (CEC) Award tahun ini. Kami menobatkan mobil kreasi Toyota Indonesia yang dirilis November tahun lalu tersebut sebagai Best of The Best CEC 2023.

Sebelum Kijang Innova Zenix ditampilkan kepada publik, media nasional sudah kasak-kusuk. Pasalnya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai distributor sedang rajin mengampanyekan mobil elektrifikasi dengan pendekatan multi-pathwaynya.

Kalau saja, Toyota Innova Zenix meleset dari harapan publik, bakal menjadi korban bombardir kritik. Meskipun memang, yang namanya produk manusia tidak bakal kebal umpatan. Di dunia ini, hasil manusia tidak ada yang sempurna, pasti ada celah. Yang perlu dijaga adalah bagaimana produk yang dihasilkan memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat, dalam hal ini konsumen.

Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista

Ketika kami memilih All New Toyota Kijang Innova Zenix HEV untuk mendapatkan penghargaan Best Hybrid Car Award dan Best Product Development Award, perdebatan cukup sengit terjadi. Setiap editor mengeluarkan kata-kata mantranya. Innova Zenix kami pilih dari lebih 150 mobil baru yang dirilis di Indonesia maupun yang sudah kami coba sepanjang periode Agustus 2022 sampai dengan Agustus 2023. Dari 150-an mobil itu, kami memilih 65 mobil untuk masuk nominasi penilaian dan baru setelah itu kami memilih juaranya sesuai dengan kategori.

Sebetulnya, dua penghargaan yang diraih Kijang Innova Zenix Hybrid dalam gelaran CEC 2023 masih bisa diperdebatkan. Namun ada mantra pamungkas yang membuat ruang perdebatan diam ketika Toyota Innova Zenix dinobatkan sebagai The Best Carvaganza Editors’ Choice 2023. Yakni Building history.

Nyaris seluruh anggota redaksi OTO Media Group adalah saksi sejarah yang tumbuh bersama kendaraan ini. Kita menyaksikan hampir semua lompatan Toyota Kijang sejak tahun 1977 sampai dengan November kemarin. Toyota Indonesia dipandang sukses menjaga heritage Kijang sesuai dengan perjalanan jamannya. Para editor mengamini, modernisasi adalah kata kunci sukses Innova Zenix HEV.

Innova Zenix Hybrid review

Dari sisi desain, All New Toyota Kijang Innova Zenix yang dirilis November 2022 memberikan kesegaran baru. Bukan lagi MPV boxy, yang mungkin agak membosankan kalangan media. Dia justru hadir dengan tarikan body style baru yang mirip dengan SUV. Dibuat lebih macho dengan agak sedikit bulky jika dilihat dari samping. Namun heritage keluarganya tidak hilang, 7 penumpang. Karena takhta yang begitu lama dia pegang, tampilan tetap tidak membiaskan pikiran konsumen.

Pengembangan lain yang disuguhkan Toyota Indonesia pada Kijang Innova Zenix adalah mesin baru. Pabrikan menamainya Dynamic Force Engine. Yaitu mesin yang dibangun berdasarkan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Yaitu strategi Toyota dalam membuat kendaraan secara global. Jantung pacu yang diaplikasikan tersebut adalah berkode M20A-FKS untuk mesin konvensional (2.000 cc) dan mesin hybrid berkode M20A-FXS.

Dengan pemakaian mesin tersebut, konsumsi bahan bakar mesin konvensional Zenix menjadi lebih efisien. Menurut klaim pabrikan bisa mencapai 1 liter untuk jarak 15 kilometer dan hybrid 1:21. Meski lebih irit, performa Innova Zenix tidak dikorbankan. Tetap tangguh dan responsif di kelasnya.

Fitur Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista

Di dalam hal kenyamanan, pabrikan menyempurnakan bagian interior terutama dasbor dan konsol tengah. Hadir dengan layar sentuh lebih besar antara 9 dan 10 inci dengan desain tuas transmisi yang kekinian.

Toyota Indonesia melengkapi varian hybrid tertinggi atau Q dengan Captain Seat Ottoman, yang tidak didapat pada varian lainnya. Plus dua layar besar berukuran 10 inci di jok baris kedua. Sudah terkoneksi dengan smartphone dan kedua layar bisa menampilkan gambar dan video yang berbeda. Tak lupa pula kelengkapan keselamatan yang terangkum di dalam Toyota Safety Sense (TSS).